"Yuk Gan Luwangkan 1 Menit Buat Istigfar bagi yang Muslim"

Tips Cara Berhenti Donasi UNICEF

Unicef merupakan lembaga kemanusiaan dari PBB yang menangani masalah anak-anak dan ibu di seluruh dunia. mereka menangani masalah kesehatan, pendidikan, dan kesejahteraan anak. Untuk kesempatan kali ini kita akan membahas tentang donasi unicef dan cara berhenti donasi unicef.

Untuk menjalankan tugasnya, lembaga kemanusiaan membutuhkan donasi dari para donatur. Begitu pula dengan unicef, yang membutuhkan donasi dari semua pihak. Oleh karena itu, unicef memberikan layanan donasi secara rutin atau sekali.

Anda bisa memberikan donasi khusus di unicef indonesia. sehingga dana yang didonasikan, akan diberikan khusus untuk anak indonesia yang membutuhkan. Anda bisa membantu perkembangan pendidikan, kesehatan dan kesejahteraan anak-anak.

Pengertian UNICEF

Unicef atau united nations emergency childrens fund merupakan organisasi internasional dibawah naungan PBB, yang menangani masalah anak-anak. Unicef pertama kali didirikan pada 11 desember 1946. Tujuannya untuk memberikan bantuan kemanusiaan bagi anak-anak di seluruh dunia.

Terutama memberikan bantuan untuk anak-anak, akibat perang dunia ke II. Dalam memberikan bantuan, unicef memiliki sejarah yang panjang. Sudah banyak negara yang mendapatkan bantuan dari unicef. Terutama di negara berkembang, terkena konflik atau bencana. 

Sampai sekarang banyak perubahan fungsi yang dilakukan unicef, seiring dengan perkembangan zaman. Namun tujuan utamanya tetap memberikan bantuan kemanusiaan di bidang gizi, kesehatan, kebersihan lingkungan, pendidikan dan perlindungan bagi anak-anak.

Unicef membantu mendorong pembangunan dunia dalam merealisasikan hak anak. Bahkan memiliki toritas dalam mengambil keputusan diberbagai tingkat dasar. Lembaga ini akan selalu memberikan bantuan kemanusiaan untuk semua anak -anak.

Ada beberapa hal yang sudah dilakukan unicef. Seperti melaksanakan program vaksinasi terhadap anak-anak. Memberikan program pencegahan penularan penyakit menular pada anak-anak. Serta mendukung pendidikan dan mengatasi diskriminasi serta kekerasan pada anak.

Peran UNICEF dalam Lima Bidang Utama

Ada lima bidang utama yang difokuskan unicef. Semuanya digunakan untuk membantu seluruh anak-anak di indonesia. sebelum anda tahu cara berhenti donasi unicef, sebaiknya ketahui peran penting unicef bagi anak-anak di seluruh dunia.

1. Pembangunan dan Kelangsungan Hidup Anak

Untuk mengurangi angka kematian pada anak dan mengendalikan hama penyakit. Unicef memberikan perawatan kesehatan pada anak sejak dini. Termasuk memberikan perawatan atau penyuluhan sebelum kelahiran.

Untuk membantu anak memiliki masa depan sehat, unicef memberikan pendidikan teknis mengenai perawatan kesehatan. Prioritasnya di bidang pencegahan, imunisasi, dan pengendalian berbagai penyakit. 

Hal ini termasuk perawatan ibu hamil, perawatan kelahiran dan mempromosikan pemberian ASI ekslusif. Unicef telah menyediakan vaksin bagi 40% anak di seluruh negara berkembang. Bekerjasama dengan WHO, unicef memberikan program air bersih dan sanitasi.

2. Pendidikan Dasar dan Kesetaraan Gender

Unicef bersama organisasi PBB lainnya dan negara donor, mendanai, mempromosikan dan memfasilitasi pendidikan dasar dan kesetaraan gender. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan perkembangan anak-anak di bidang pendidikan.

Terutama untuk anak-anak yang kurang mampu atau dikeluarkan dari sekolah. Sehingga semua anak bisa mendapatkan pendidikan yang layak. Dalam melakukan programnya, unicef mengurangi berbagai kesenjangan.

Termasuk kesenjangan gender, akses, penyelesaian sekolah dasar. Hal ini juga termasuk pemberian kesehatan yang layak di sekolah. Dari air, sanitasi dan lingkungan bersih serta ramah bagi anak-anak. 

Unicef bersama dengan pemerintah pusat dan daerah, mencoba meningkatkan kualitas pendidikan di negara. Mendirikan tenda darurat di tempat yang terdampak bencana, sehingga semua anak bisa kembali sekolah dengan aman dan terlindungi semua haknya.

3. Anak dan HIV/AIDS

Unicef juga melindungi kesehatan anak dari berbagai bahaya penyakit. Terutama HIV/AIDS. Wabah penyakit yang tinggi bisa menyebabkan kesejahteraan anak terganggu. mengalami kehancuran sosial, kemiskinan bahkan kematian.

Unicef bekerjasama dengan organisasi nirlaba, berbagai negara, organisasi pemuda, kelompok agama dan mitra lainnya, untuk memberikan pendidikan, kampanye layanan dan keterampilan ke anak-anak hingga remaja.

Termasuk memberikan bantuan dan advokasi pada anak-anak yang menderita HIV/AIDS, yatim piatu karena HIV AIDS atau mengajari pencegahan penyakit seks menular. 

4. Perlindungan Anak

Tujuan utama dirikan unicef untuk memberikan perlindungan pada anak. Unicef membantu menangani dan mencegah penyalahgunaan, kekerasan, ekspolitasi dan diskriminasi pada anak-anak.

Termasuk meningkatkan kesadaran pemerintah untuk memberikan perlindungan bagi anak. Dan mengutamakan undang-undang yang bisa menghukum pelaku ekspolitasi anak. Apalagi sekarang kekerasan dan eksplotasi anak semakin meningkatkan.

Unicef memberikan bantuan ke masyarakat, sumber daya sekolah dan keluarga untuk ikut membantu dan merawat anak-anak yang terpinggirkan. Terutama yang yatim piatu akibat HIV AIDS.

5. Kemitraan dan Advokasi Hak Anak

Unicef berkerjasama dengan berbagai pihak untuk melakukan pembangunan global dan penguatan kebijakan nasional serta daerah. Untuk memenuhi semua hak anak dalam bertahan hidup. 

Unicef mendorong pemerintah untuk melabuh investasi nasional dan global. Serta memanfaatkan berbagai sumber daya untuk kesejahteraan anak di negaranya. Terutama di situasi darurat, seperti bencana alam , kekeringan dan masih banyak lainnya. 

Unicef di Indonesia

Unicef di indonesia sudah ada sejak lama. Organisasi ini sudah membantu berbagai kondisi anak-anak di Indonesia. setiap ada bencana, unicef selalu menjadi garda terdepan membantu anak-anak. Saat bencana palu dan lombok tahu lalu, unicef telah membantu berbagai hal.

Terutama di bidang pendidikan, kesehatan, perlindungan dari trauma dan lainnya, unicef telah membangun 450 tenda dan menyediakan peralatan sekolah untuk anak-anak yang terdampak gempa dan tsunami. 

Unicef juga membantu dalam mengatasi bullying atau perundungan di lingkungan sekolah. Mereka membuat program pendekar anak, yang anggotanya dari pelajar. Para anggota bertugas sebagai anti bullying di sekolah.

Melakukan tindakan pencegahan bullying dan membantu korban bullying. Sehingga anak-anak terhindar dari trauma berkepanjangan. Unicef juga memiliki program penanganan gizi buruk berbasis masyarakat. Program ini digunakan untuk membantu anak-anak yang mengalami gizi buruk.

Unicef bersama petugas kesehatan setempat, melatih dan membantu penyandang gizi buruk. Termasuk pemberian obat dan makanan yang layak. Unicef sudah ada di indonesia sejak tahun 1948 dan membantu menangani susu di indonesia.

Cara Berdonasi di UNICEF

cara berhenti donasi unicef

Sebelum membahas cara berhenti donasi unicef, kita akan membahas tentang cara berdonasi di unicef. Ada dua pilihan donasi yaitu donasi rutin dan donasi satu kali. Untuk donasi rutin, hanya bisa dilakukan dengan menggunakan kartu kredit.

Tahapan donasi di unicef sangat mudah, anda bisa melakukan tahapan berikut ini:

  1. Masuk ke halaman website unicef indonesia
  2. Pilih menu donate now.
  3. Ada dua pilihan tipe donasi yaitu donasi rutin dan donasi sekali. Pilih tipe donasi yang anda inginkan.
  4. Kemudian masukan besar donasi sesuai keinginan. Anda bisa memilih besar donasi sesuai dengan pilihan yang disediakan atau masukan jumlah sesuai keinginan.
  5. Klik bantu sekarang atau donate now.
  6. Masukan data diri anda secara lengkap dan benar. Seperti nama, alamat email dan nomor telepon.
  7. Pilih cara pembayaran donasi. Bisa melalui atm, transfer bank, kartu kredit, internet bangking atau gerai perbelanjaan.
  8. Jika donasi berhasil, akan ada pemberitahuan di alamat email anda.

Jika anda memilih donasi rutin, setiap bulannya ada pemotongan dari kartu kredit anda. Besar potongan sesuai dengan jumlah yang anda masukan di awal pendaftaran. Anda juga akan mendapatkan konfirmasi pembayaran donasi melalui email.

Cara Berhenti Donasi UNICEF

cara berdonasi unicef

Donasi di unicef bisa membantu kesejahteraan hidup anak di indonesia. namun terkadang kita tidak bisa berdonasi terus menerus, bisa dikarenakan kondisi keuangan atau masalah lain. bisa juga karena kepercayaan dengan unicef yang  berkurang.

Kemudian ada pertanyaan..

Bagaimana Cara berhenti donasi Unicef?

Ada beberapa cara, salah satunya anda bisa menelpon (021) 8066 2100 atau email di [email protected]

Jam berapa bisa menghubungi nomor tersebut?

Setiap hari senin-jumat, pukul 09.00 hingga 17.00 wib.

Banyak orang yang mengalami kesulitan berhenti donasi. Apalagi pihak unicef juga memberikan peraturan yang ketat. Ada dua cara yang bisa anda lakukan yaitu:

  • Menelepon layanan donatur unicef
  • Melalui email unicef

Jika anda memilih menelepon layanan donatur unicef, anda bisa menghubungi nomor telepon (021) 8066 2100. Nomor telepon tersebut bisa dihubungi setiap hari senin hingga jumat, dari pukul 09.00 hingga 17.00 wib. 

Saat melakukan panggilan, anda akan ditanya alasan berhenti berdonasi. Selain itu anda akan ditanyakan informasi data diri anda dengan lengkap. Hal ini dilakukan untuk mencocokan data yang tersimpan di unicef indonesia.

Jika anda malas untuk menelepon customer service, bisa mengajukan pemberhentian lewat email. Namun biasanya proses membalasnya lama dan kurang efektif. Anda bisa mengirimkan data diri dan alasan berhenti donasi di [email protected]

Jika anda berada di jakarta dan sekitarnya, bisa langsung datang ke kantor unicef indonesia. lokasinya ada di world trade center 6, lantai 10. Jalan jenderal sudirman kav 31, jakarta selatan. Datang langsung ke kantor dan cari bagian infrormasi.

Anda akan diberikan formulir pemberhentian donasi. Isi formulir dengan lengkap dan temui customer servicenya. Ceritakan semua alasan kenapa anda memilih untuk berhenti berdonasi. Jika disetujui, maka otomatis kartu kredit anda sudah tidak terpotong untuk donasi

Anda bisa datang ke kantor unicef indonesia di jam operasional. Yaitu pada hari senin hingga jumat, mulai pukul 9 pagi hingga 5 sore. Ada dua cara yang kami rekomendasikan yaitu melalui telepon atau datang langsung ke kantor.

Sebelum berhenti untuk donasi, sebaiknya pikirkan semuanya dengan matang. Karena bantuan anda sangat berarti bagi perkembangan dan kesejahteraan anak di Indonesia. namun bila ingin tetap berdonasi, lebih baik pilih donasi sekali.

Berbeda dengan donasi rutin, yang akan langsung auto debet dari kartu kredit anda. Semua lembaga pasti memiliki kelebihan kekurangan masing-masing. Jika anda kurang yakin berdonasi lewat unicef bisa berdonasi di lembaga lainnya.

Bila anda penasaran dengan program yang dilakukan unicef. Bisa hubungi customer service dan tanyakan rincian program yang dilakukan. Anda juga bisa membuka website resmi unicef indonesia, sehingga anda tahu kemana donasi yang sudah disalurkan.

sutoro.web.id
Review
5

Komentar...