"Yuk Gan Luwangkan 1 Menit Buat Istigfar bagi yang Muslim"

Ketahui Pengertian dan Cara Bayar Zakat Wajib yang Benar

Bagi Umat Islam, zakat merupakan Rukun Islam ketiga yang wajib dibayarkan dan tidak boleh dilupakan. Hal ini dikarenakan zakat punya peran penting untuk menegakkan syariat Islam.

Selain itu, manfaat dari zakat juga sangat banyak mulai dari bersyukur atas nikmat dari Allah SWT, membantu satu sama lain, mensucikan harta, dan manfaat lainnya. Jadi tidak heran jika zakat harus menjadi prioritas bagi umat muslim selama hidupnya.

Dalam Islam, ada 2 zakat yang harus diketahui yaitu zakat fitrah dan zakat mal. Zakat fitrah merupakan zakat yang wajib dibayarkan dengan 3,5 liter beras saat bulan Romadhon menjelang hari lebaran tiba.

Sedangkan zakat mal yaitu zakat dari harta yang dimiliki mulai dari emas, perak, hasil niaga, hasil pertanian, dan yang lainnya. Setelah anda tahu pengertian tentang zakat, segera tunaikan zakat yang menjadi kewajiban anda dan jangan ditunda lagi. Berikut ini adalah cara bayar zakat wajib yang benar:

1. Niat berzakat dalam hati karena Allah Ta’ala. Semua perbuatan baik tentua harus diawali dengan niat yang baik pula agar mendapat pahala. Jangan sampai perbuatan baik menjadi tidak baik karena niat yang salah. Misalnya saja karena ingin dilihat orang lain ataupun karena mengharapkan pujian dari orang sekitar.

2. Jika bukan berupa barang, anda bisa berzakat menggunakan uang yang setara dengan nilai barang tersebut. Hal ini diperbolehkan karena kebutuhan, keadilan, dan kemaslahatan umat.

3. Segera percepat membayar zakat jika syarat-syaratnya sudah terpenuhi dan jangan sampai menunda zakat terlalu lama

4. Datang ke Masjid yang menjadi panitia pengelola dan penyalur zakat.

5. Berikan barang atau uang yang ingin dizakatkan kepada panitia dan membaca do’a zakat

Itulah kelima cara bayar zakat yang benar ketika anda ingin berzakat untuk mensucikan harta yang dimiliki. Dengan berzakat, itu artinya anda membantu menciptakan ketenangan dan ketentraman di sekitar anda. Biasanya perbedaan antara yang kaya dengan yang miskin bisa

menciptakan kesenjangan sosial yang bisa mengganggu ketentraman. Tapi dengan zakat dimana orang kaya memberikan bantuan kepada yang miskin bisa menciptakan rasa peduli terhadap sesama dan merasa diperhatikan yang bisa mengurangi kesenjangan sosial sehingga ketenangan dan ketentraman bisa terjadi.

sutoro.web.id
Review
5

Komentarmu Penyemangatku...