"Yuk Gan Luwangkan 1 Menit Buat Istigfar bagi yang Muslim"

Laptop Para Creator, Asus Zenbook UX410UQ Ramping, Ringan & Bezel Tipis Menawan

Zen.. Zen.. Zen..

Zen.. Zen.. Zen.. Zen…

Ini sebuah awal kata yang telah tertulis di sebuah laptop berinisial “ASUS”.

Ya.. saya baru sadar ternyata, sebuah laptop yang berinisial “Zen” ini memang cocok banget digunakan untuk para Creator dan disini Asus menyebutnya dengan #zencreator. 

Menurut pengamatan saya, arti dari…

Zen = Zenbook

Creator = Pencipta/Pembuat

Jadi Zen Creator adalah orang yang membuat karya dengan laptop Asus Zenbook.

Tujuan asus membuat #zencreator ini adalah untuk mewadahi bagi para pengguna zenbook di indonesia .. itu hanya opini saya lhoo..

Kenapa? 

Karena dari para kreator sendiri telah mengungkapkan demikian misalnya status para youtuber indonesia seperti…

Eka Gustiwana

Bayu Skak

Siang ini di #zencreator

A post shared by BAYU SKAK (@moektito) on

Marlo Ernesto

Kyra Nayda

Advent Jose

Sebenarnya masih banyak yang ingin ditampilkan agar kalian merasa yakin…. Namun 5 saja kayaknya sudah cukup kok.

Selain itu Galip Fu juga mengatakan..

“Para pengguna kini dapat melakukan lebih banyak hal dengan ZenBook UX410UQ, terutama yang berhubungan dengan pembuatan konten kreatif mulai dari artikel, olah foto, desain grafis hingga multimedia,” sebut Galip Fu, Country Marketing Manager ASUS Indonesia. “Ia sudah didukung oleh spesifikasi mumpuni berbasis Intel Core i7 generasi ke-7 dan juga graphic card Nvidia GeForce,” sebutnya.

Ini membuktikan bahwa Asus zenbook ini mampu mengolah semua produktifitas para creator makanya asus menyebutnya #zencreator

Pertanyaannya, apa saja yang dapat kamu lakukan jika sudah memiliki Laptop ASUS Zenbook? 

Sebenarnya banyak kok yang dapat kamu lakukan dengan Laptop Asus Zenbook, contohnya bisa dilihat dibawah ini

Mengasah Profesi Menjadi Pro dengan Asus Zenbook

Sebagai seorang yang sering banget berkutat di laptop mungkin beberapa profesi berikut ini bisa menjadikan kamu seorang ahli dan profesional tentu ini harus melalui proses demi proses, dan yang paling penting terus mengasah skill, semangat dan konsisten.

Internet + Punya ide  bagus + pelaratan = karya

Siapapun itu semua bisa membuat karya entah hasilnya bagus atau tidak, pasti harus melalui proses dari seorang newbie hingga expert dibidangnya. Di dunia ini tidak ada yang instan, mie instan aja butuh di masak dulu… yaa kan..

Seiring majunya teknologi, kini youtube bisa dijadikan pekerjaan sambilan maupun full-time yang menghasilkan uang. Tidak banyak juga para youtuber gagal karena tidak konsisten dengan video yang dibuat.

Di indonesia sendiri para youtuber yang sukses seperti:

  • eka gustiwana
  • bayu skak
  • raditya dika,
  • time2one
  • gen halilintar 
  • dll

dalam mengkreasikan videonya selalu kreatif sehingga penonton tidak pernah bosan untuk menonton video yang mereka buat.

Selain itu juga diperlukan peralatan seperti kamera, laptop, dan software yang digunakan untuk mengedit video sehingga hasilnya lebih epic dan penonton senang dengan video yang disuguhkan.

Dengan peralatan yang mendukung serta ide yang cemerlang, untuk membuat kontent kreatif di youtube jadi lebih gampang karena tinggal menggabungkan beberapa ide, edit di laptop, dan jadi deh hasilnya..

Namun jika laptop tidak mendukung, tentu dalam memproduksi konten kreatif jadi terhambat sehingga bisa gagal untuk menjadi youtuber.

Begitupun blogger, menuliskan ceritanya dari satu tempat ke ketempat lain bisa menjadi traveler blogger. Yang suka dengan makanan dan konsisten menulis dengan makanan bisa menjadi food blogger, yang suka dunia otomotif menulis di dunia otomotif bisa menjadi blogger otomotif.

Untuk menjadi blogger kebutuhan yang perlu diasah adalah menulis, bagaimana tulisan tersebut bisa disukai pembaca dan bisa bermanfaat untuk pembaca sehingga blognya memiliki pembaca setia.

Kemudian sebuah laptop yang dirancang sangat nyaman untuk mengetik, jika nyaman pasti dalam membuat konten-konten lebih produktif dan tidak mudah lelah.

Dalam dunia photography sering sekali menjumpai foto-foto yang indah dan memukau.  Dibalik rahasia untuk membuat foto yang memukau diantaranya adalah alat+ teknik photography. 

Lagi-lagi alat memang sangat berperan penting dalam membuat karya yang memukau. Alat-alat yang dibutuhkan seorang photographer beberapa diantaranya adalah kamera, lightning, laptop, dan teknik photograpy.

Jika photo sudah dicapture menggunakan kamera dengan teknik yang dimilikinya kemudian tahap selanjutnya adalah editing menggunakan sebuah laptop.

Tahap akurasi warna dan cahaya sangat berperan penting, jika yang di input dan output berbeda tentu photo yang dihasilkan tidak menjadi indah dan menawan. Terkadang malah warna menjadi pucat, cahaya gelap dan masih banyak yang lainnya.

Tidak jauh berbeda dengan profesi seorang photograper, jika seorang photograper menghasilkan foto-foto yang indah dan keren, sebaliknya videographer menghasilkan video-video yang amazing.

Sebuah laptop ataupun pc untuk mengedit video juga sangat berperan penting disini, jika spesifikasi laptop atau pcnya sudah type dewa, tentu dalam urusan render-render video jadi lebih cepat dan efisien.

Bayangkan, jika deadline sudah tiba namun renderan video masih belum selesai, bisa-bisa client kita kecewa berat dengan karya yang kita hasilkan hanya gara-gara renderan belum selesai.

Kalian sering membuat ilustrasi, logo, banner, kartu nama, icon bahkan membuat 3D karakter dari pesanan seseorang.

Dulu saya pun pernah membuat 3D karakter dengan software 3D maya, laptop masih pakai prosesor Intel Atom, ram 2GB, vga intel 256MB sungguh luar biasa ketika dirender lama sekali dan akhirnya saya move on dari seorang 3D karakter menjadi seorang blogger.

Dalam hal ini saya sadar bahwa laptop yang saya gunakan tidak cocok untuk membuat 3D karakter, spesifikasi laptop sungguh low sekali sehingga terkadang ngelag dan restart sendiri.

Laptop yang mendukung tentu menjadikan karya-karya kita semakin baik dan terus diasah agar menjadi karya yang menakjubkan.

Selain blogger yang suka ngetik-ngetik, seorang programer juga ternyata jago ngetik lho tapi ngetiknya disebut coding.

Coding sendiri terkadang bikin mata lelah karena kelamaan menatap layar terus menerus, namun kini tak perlu khawatir karena Asus sendiri telah memberikan fitur ASUS Splendid yang berfungsi untuk  mengurangi tingkat cahaya biru, membuat tampilan lebih nyaman, jernih, warna lebih nyata dan akurat.

Nah untuk profesi ini tampaknya hanya orang-orang tertentu yang bisa menguasai, namun jika kita mau belajar sepertinya kita juga mampu menjadi rapper yang handal.

Rap adalah teknik vokal yang berkata-kata dengan cepat, sedangkan rapper orangnya.

Rapper juga bisa menghasilkan karya dengan lirik-lirik yang dihasilkannya. Di indonesia sendiri cukup banyak rapper yang terkenal seperti rich chigga, syakoji, Mizta D dan lain-lain.

Sebelum dipubliskasi untuk umum, tentu banyak proses yang dilalui misalnya menulis lirik, tekniknya, free style rapnya, merekam suaranya, mengedit, dan pada tahap akhir jadilah lirik yang menyampaikan pesan.

Jadi ide yang bagus, internet, dan peralatan yang mendukung tentu sangat berperan sekali untuk menjadi seorang rapper.

Ngomongin profesi kayaknya gak bakal ada habisnya, nah dalam hal ini laptop sangat berperan sekali.

Lalu laptop apakah yang cocok untuk para creator?

Laptop Yang Ultra Ramping, Ringan dan Elegan

Sebagai orang kreatif tentu kegiatannya sangat sibuk sekali dan jarang berada di satu tempat maka dari itu jika dia selalu menggunakan laptop pasti yang dibutuhkan paling utama adalah ringan, tipis, battery awet, performa mantab, desain kece dan yang terakhir harga terjangkau.

Nah semua itu ada di laptop Asus Zenbook UX410UQ. Asus Zenbook UX410UQ memiliki ukuran yang tergolong unik, kalau melihat bentuk ukurannya kurang lebih 13inch namun ketika melihat ukuran display-nya jadi 14inch, ternyata layarnya ini memilik bezel yang sangat tipis yaitu 6mm. 

Desain berkelas premium dengan finishing spun – metal yang unik, dan motif lingkaran yang terinsipirasi dari zen, memiliki 2 warna yang terinspirasi dari alam: Quartz Grey dan Rose Gold, serta memiliki ketipisisan kurang dari 18.95mm. Yang paling istimewa adalah berat laptop ini hanya 1.4kg dan dimensinya sendiri memiliki ukuran 32,3 x 22,3 x 1,895 cm (WxDxH), kurang keren apalagi coba!!

Nilai plus lainnya layar sudah FHD(1920×1080), keratapan pixel 276 per inci,  display dengan range gamut yang sangat luas, Wide Viewing Angle Display 178°, 100% sRGB, 72% NTSC, 79% AdobeRGBIPS matt dan tentu laptop ini terlihat kompak, ringan dan elegan.

Dengan beban yang ringan, desain premium, bezel tipis, lcd Full HD, akurasi warna pass, tentu laptop ini akan meningkatkan produktifitas kita sebagai creator yang jam terbangnya tinggi. Tak hanya itu tentu waktu yang dibutuhkan untuk membuat sebuah karya jadi lebih efisien.

Performa Yang Nggak Main-Main

Walaupun didesain tipis dan super ringan, soal performa cukup menjanjikan karena racikannya sungguh mantab jiwa, prosesornya sudah menggunakan generasi ke-7 (KabyLake) Intel® Core™ i7 7500U 4M Cache, up to 3.50 GHz, dengan RAM 8GB DDR4 2133 MHz, grafis NVIDIA® GeForce® 940MX 2GB, SSD 128GB dan yang terakhir laptop ini sudah dilengkapi dengan Windows 10.

Sejak merasakan prosesor intel dari pentim4, core2duo, core i3, core i5 dan akhirnya ke core i7 sekarang, hal yang paling terkesan adalah core i7 sungguh cepat, lancar dan nggak leg sedikitpun ketika digunakan untuk multitasking ataupun untuk membuka aplikasi yang berat-berat, bermain game tetap lancar, bahkan jika digunakan untuk merender video jadi lebih cepat.

Jadi, jika Asus Zenbook UX410uq menggunakan core i7 pasti lebih lancar dan lebih cepat.

Untuk membuat kinerja yang maximal, Asus Zenbook UX410UQ ini juga dibekali RAM 8GB dan bisa diupgrade hingga 16GB.

sumber disini

Disini Asus juga menggunakan RAM generasi terbaru yaitu DDR4, jelas performa yang dihasilkan benar-benar cepat. Frekuensi yang digunakan juga terbilang gede yaitu menggunakan 2133 MHz.

Ini bukan kartu grafis yang dirancang untuk gamer tapi cukup lumayan jika digunakan untuk mengolah aplikasi-aplikasi berat seperti Adobe Premiere, Adobe After Effect, Adobe Photoshop, 3D maya, 3D Max dan aplikasi lainnya.

Jika digunakan untuk gaming ada kemungkinan fps yang didapat tidak maximal namun cukup bisa untuk memainkan game-game high-end seperti GTA V, Battlefield, CS GO, Dota 2, dan lain-lain dengan settingan low-medium.

SSD sangat diperlukan sekali agar kecepatan dalam komputasi bisa maksimal. Asus Zenbook UX410UQ dibekali penyimpanan sebesar 1TB Hardisk dan ssdnya sendiri dibekali 128GB, saya rasa lumayan untuk meningkatkan proses kinerja laptop terbsebut.

Dengan adanya SSD kecepatan booting jadi lebih cepat, awet, dan juga tahan banting.

Untuk membuat kinerja lebih efisien Asus Zenbook UX410UQ ini juga dilengkapi dengan Windows 10. Management proses yang dihasilkan lebih cepat dan stabil.

Windows 10 juga merupakan windows terbaru besutan Microsoft.

Hasil Benchmark

sumber disini

Detail Spesifikasi Zenbook UX410UQ

Spesifikasi  Asus Zenbook UX410UQ
CPU Intel® Core™ i7 7500U Processor (4M Cache, up to 3.50GHz)
Operating System Windows 10
Memory 8GB DDR4 2133MHz SDRAM + 1 x SO-DIMM socket, up to 16GB RAM
Storage 1TB 5400RPM SATA HDD + 128GB SATA3 M.2 SSD
Display 14” FHD (1920×1080) IPS 178˚ (wide-viewing angle display) Anti-Glare with 72% NTSC
Graphics NVIDIA GeForce 940MX, with 2GB GDDR3 VRAM
Input/Output 2x USB 2.0, 1x USB 3.0, 1x USB3.1 Type-C (gen 1), 1x Headphone-out & Audio-in Combo Jack, 1x HDMI
Keyboard Illuminated Chiclet Keyboard
Camera HD Web Camera
Connectivity 802.11ac+Bluetooth 4.1 (Dual band) 2*2
Audio Support Windows 10 Cortana, ASUS SonicMaster Technology
Battery 3 Cells 48 Whrs Battery
Dimension 323 x 223 x 18.95 cm (WxDxH)
Weight 1.45Kg with Battery
Colors Rose Gold, Quartz Grey
Accessories Sleeve + USB3.0 to RJ45 cable + HDMI to VGA cable
Price Rp15.799.000
Warranty 2 tahun garansi global

Keistimewaan Asus Zenbook UX410UQ Untuk Para Creator

Ingin membuat dual monitor biar seperti PC Dekstop dengan Asus Zenbook UX410UQ sangat bisa karena kita diberikan secara gratis kabel HDM to VGA dan tinggal menyambungkan ke monitor.

Selain bonus kabel HDMI to VGA ada juga kabel USB to RJ45 yang bisa digunakan untuk koneksi ke kabel LAN. Bonus lainnya ada lagi yaitu Tas laptop

Dengan layar lebar FULL HD(1920×1080) tentu menambah pengalaman yang lebih baik, apalagi laptop ini memiliki bezel yang tipis 6mm, jadi berasa punya laptop 13 inch tapi layar 14inch.

Detail Layar: 

  • Panel HardwareID: Chi Mei CMN14D2 (N140HCE-EN1);
  • Coverage: 100% sRGB, 73% NTSC, 79% AdobeRGB;
  • Measured gamma: 2.0;
  • Max brightness in the middle of the screen: 331 cd/m2 on power;
  • Contrast at max brightness: 810:1;
  • White point: 7500 K;
  • Black on max brightness: 0.41 cd/m2;
  • Average DeltaE: 1.17 uncalibrated, 0.83 calibrated.
Fitur Istimewa :
Asus Splendid 
Asus Splendid ini berfungsi untuk membuat warna yang lebih akurat, lebih dalam dan lebih banyak. Beberapa mode diantaranya adalah:
  • Eye Care Mode – Terlalu banyak paparan cahaya biru yang dikeluarkan oleh layar LCD dianggap mempengaruhi kesehatan mata, dan hal ini bisa mengakibatkan kelelahan saat memandangnya dalam waktu yang lama. Mode ASUS Eye Care mengurangi emisi dari cahaya biru sampai 30% sehingga matamu selalu terlindungi saat menggunakan mode ini.
  • Normal Mode – Ini adalah mode default ASUS Splendid yang disempurnakan untuk tugas komputasi Anda sehari-hari. Anda akan melihat warna dan nuansa yang hidup dan akurat, sesuai dengan pengaturan pabrik yang dioptimalkan secara seksama untuk penggunanya.
  • Vivid Mode – Jika Anda ingin menambahkan tambahan visual ke gambar Anda, mode Vivid adalah pengaturan yang paling cocok. Mode ini menggunakan teknologi eksklusif untuk meningkatkan saturasi warna berdasarkan piksel demi piksel, menambahkan vibrancy pada warna tanpa membuat gambar terlihat artifisial.
  • Manual Mode – Pilihan yang digunakan untuk menyesuaikan temperatur warna pada tampilan sesuai kebutuhan dan preferensinya.
Asus Tru2Life 

Tru2Life dikembangkan menggunakan teknologi pengolah gambar terbaru yang dapat Anda temukan pada perangkat televise high-end modern. Fitur ini dimaksudkan untuk memberikan gambaran yang realistis terhadap sebuah video. Caranya  dengan meningkatkan kontras hingga 200 persen untuk memberikan ketajaman warna yang akurat dan detil.

Jika kalian biasanya mengetik sangat lambat coba deh pakai asus zenbook ux410uq pasti kecepatan mengetiknya jadi meningkat karena menggunakan type Chiclet Keyboard plus jarak keyboard yang pass sekali dengan tangan.

Kedalaman keyboardnya hanya 1.6mm, bisa dibilang sangat nyaman untuk mengetik selain itu pada sisi keyboardnya terdapat backlit warna putih yang dapat membantu ketika mengetik dalam keadaan gelap.

Touchpadnya tergolong cukup besar, untuk ukurannya adalah 7.3cm dan 10.4cm. Touchpad ini memberikan sensitifitas tinggi dan akurasi yang luar biasa karena dilapisi kaca yang presisi menggunakan tenologi yang dikembangkan ekslusif untuk layar sentuh smartphone.

Suara yang dihasilkan cukup jernih dan jelas, dentuman suaranya juga terdengar lebih nyaman, untuk bassnya sendiri tidak terlalu berasa namun secara keseluruhan kualitas suara yang dihasilkan cukup memanjakan penggunanya.

Selain itu jika dirasa suara kurang memuaskan kalian bisa memanfaatkan fitur ASUS SonicMaster. Fitur ini berfungsi untuk mengatur suara menjadi lebih amazing.

Sebagai seoarang konten kreator tentu kita juga butuh laptop yang batterynya tahan lama.

Asus Zenbook UX410UQ ini memiliki daya tahan battery hingga 7-8 jam dengan pemakaian normal seperti browsing, mengetik dan lain-lain.

Mengapa bisa hemat karena batterynya menggunakan polymer battery dan juga prosesor yang hemat energi yaitu Core i7 7500u.

Ini yang paling saya suka, laptop ini tidak terlalu panas!!

Bahkan, jika laptop ini digunakan untuk load secara maximum hanya mencapai kurang lebih 50°c. Selain itu suara kipas yang dikeluarkan tidak terlalu bising jadi lebih nyaman ketika mendengarkan musik ataupun video.

Paket lengkap dan komplit untuk mendukung mobilitas seperti

  • 1 x COMBO audio jack
  • 1 x USB 3.1 Type C port(s)
  • 1 x Type A USB3.0 (USB3.1 GEN1)
  • 2 x USB 2.0 port(s)
  • 1 x HDMI
  • Bluetooth
  • Wi-Fi 802.11ac

Sebagai konten kreator pasti ini sangat membantu sekali, Selain itu wifi yang digunakan laptop ini lebih cepat 2.8 kali dari dari 802.11 b/g/n.

Asus Zenbook UX410Uq ini memiliki tampilan yang bagus, layar lebih besar, bezel yang tipis, keyboard yang enak buat ngetik, performa yang cepat karena menggunakan prosesor core i7 7500U, ram 8GB serta vga NVDIA GT940MX 2GB , battery yang tahan lama dan speaker yang diatas rata-rata laptop lainnya karena sudah dibekali dengan harman/kardon.

Dengan harga kurang lebih 15 jutaan ini kalian sudah bisa menikmati OS Windows 10 asli, sehingga kalian tidak perlu repot-repot lagi untuk menginstal OSnya.

Sebagai seorang creator, laptop ini cukup membantu sekali dalam membuat sebuah karya baik berupa suara, text, maupun video.

sutoro.web.id
Review
5

Komentar...