"Yuk Gan Luwangkan 1 Menit Buat Istigfar bagi yang Muslim"

ASUS VivoBook S15 S510UQ Ultrabook Terjangkau, Desain Premium & Layar Memukau Full HD

Laptop yang cukup mainstream masa kini dengan bezel nanoedge yang tipis dan terkesan memiliki body 14 inch namun memiliki resolusi layar 15 inch sehingga screen-to-body ratio mencapai 80% dengan ukuran bezel nanoedge 0.78cm.

Biasanya laptop yang tipis harganya cukup premium namun untuk ASUS VivoBook S15 S510UQ ini cukup terjangkau dengan perpaduan layar tipis, bobot ringan dan performa cukup bertenaga dengan prosesor terbaru generasi ke 7 serta kartu grafis Nvidia Geforce.

Bisa dibilang ASUS VivoBook S15 S510UQ ini masuk dalam jajaran laptop masa kini, desain fisiknya yang memiliki layar 15 inci Full HD (1920×1080) namun body hanya 14 inci, bobot cukup ringan hanya 1.5kg, chasis kompak dan ringkas dengan ketebalan hanya 1.79cm. Desain dari cover belakang dari alumunium alloy lid with brushed hairline, dan keyboardnya didesain dengan model tapering keyboard section.

Dengan menghadirkan tipe VivoBook terbaru yang menawarkan kemampuan tinggi, punya fitur menarik dan dipasarkan di harga terjangkau dibandingkan kompetitor, saya rasa laptop ini cukup rekomended sekali. Apalagi diperkuat dengan prosesor Intel Core i5 generasi ke 7 yang bertenaga, dan kartu grafis Nvidia Geforce generasi terbaru.

Lalu apa saja fitur menarik tersebut, nah dibawah ini penjelasannya detailnya..

Simple dan Portable

Main Spec. ASUS VivoBook S S510
CPU Intel® Core™ i5 7200U Processor (3M Cache, up to 3.1GHz)
Operating System Endless OS
Memory 4GB DDR4 RAM
Storage 128GB SATA 3 M.2 SSD + 1TB HDD
Display 15,6” (16:9) LED backlit FHD (1920×1080) with slim bezel
Graphics Discrete graphics Nvidia GT940MX 2GB VRAM
Input/Output 1 x Type C USB3.0 (USB3.1 GEN1), 1 x Fingerprint (On selected models), 1 x HDMI, 1 x USB 3.0 port(s), 1 x Microphone-in/Headphone-out jack, 2 x USB 2.0 port(s)
Camera VGA Web Camera
Connectivity Integrated 802.11ac (WIDI Support), Bluetooth V4.1
Audio Built-in Stereo 1.6 W Quad-Speakers And Digital Array Microphone

ASUS SonicMaster Premium Technology

Battery 3 Cells 42 Whrs Battery
Dimension (WxDxH) 361.4 x 243.5 x 17.9 mm
Weight 1,7Kg with Battery
Colors Icicle Gold
Price Rp9.799.000
Warranty 2 tahun garansi global senilai Rp900.000

ASUS VivoBook S15 S510UQ ini memberikan kombinasi yang cukup sempurna antara desain indah dan kinerja yang mumpuni. Di desain dengan bezel tipis nanoedge, cover menggunakan alumunium brushed metal finish, desain keyboard model tappering keyboard section dan perpaduan warna emas yang premium bergaya urban.

Bagi kalian yang sering menonton film, menulis, editing, desain dan berbagai aktifitas lainnya harga yang ditawarkan ASUS VivoBook S15 S510UQ cukup worth it yaitu Rp. 9.799.000 dengan value yang lebih banyak, untuk value nya bisa dilihat di kesimpulannya.

Slim Bezel dan Visual Yang Keren

ASUS VivoBook S15 S510UQ ini memiliki panel layar ukuran 15inci Full HD (1920×1080) namun bingkai laptopnya hanya 14inci. Layarnya memiliki 178° wide-view agar warna dan kontras warna tetap nyaman. Ukuran bezel pun hanya 0.78cm jadi keseluruhan ratio layar kurang lebih 80%.

Tampilan keyboardnya pun dibuat agak cekung kedalam agar ketika digunakan untuk mengetik masih tetap nyaman. Tombol panah kanan dan kiri juga memiliki jeda guna menghindari salah tekan, tombol powernya pun bergabung di keyboardnya sehingga lebih tampilan lebih rapi.

Oh ya penutup casing laptop ini memiliki warna yang sama dengan laptopnya, finishingnya sendiri terlihat metalik tidak seperti laptop lainnya yang memiliki warna hitam.

Visualnya sendiri dilengkapi dengan fitur Asus Splendid yang berfungsi untuk membuat warna yang lebih akurat, lebih dalam dan lebih banyak. Beberapa mode diantaranya adalah:

  • Normal Mode – Ini adalah mode default ASUS Splendid yang disempurnakan untuk tugas komputasi  sehari-hari misalnya untuk mengetik, melihat gambar, mengedit dokumen dan lain-lain.
  • Vivid Mode – Mode ini menggunakan teknologi eksklusif untuk meningkatkan saturasi warna berdasarkan piksel demi piksel, menambahkan vibrancy pada warna tanpa membuat gambar terlihat artifisial. Mode ini cocok untuk mengedit foto, video karena dapat memberikan pengalaman visual yang lebih hidup.
  • Manual Mode – Mode ini pilihan yang digunakan untuk menyesuaikan temperatur warna pada tampilan sesuai kebutuhan dan preferensinya.
  • Eye Care Mode – Mode ASUS Eye Care ini dugunakan untuk mengurangi emisi dari cahaya biru sampai 30% sehingga matamu selalu terlindungi saat menggunakan mode ini.

Kinerja Yang Cukup Mumpuni

Soal performa ASUS VivoBook S15 S510UQ ini cukup bertenaga karena spesifikasinya menggunakan prosesor terbaru yaitu Intel Core i5 7200U generasi ke-7 KabyLake. Prosesor quad thread dengan cache sebesar 3MB ini punya kecepatan 2,5GHz dengan turbo boost hingga 3,1GHz. Ia bekerja menggunakan daya 7,5 sampai 25 watt, bagaimana sangat hemat energi bukan..

Bechmark System Performance ASUS VivoBook S15 S510

Bechmark CPU ASUS VivoBook S15 S510

ASUS VivoBook S S510 turut dilengkapi dengan RAM berukuran 4GB DDR4 dan dua buah storage yang dikombinasikan antara HDD dan SSD. HDDnya sendiri berukuran 1TB dan SSD berukuran 128GB.

Dengan menggunakan SSD, kecepatan baca dan tulis akan meningkat dengan drastis, kinerja secara keseluruhan meningkat, waktu boot-up lebih cepat, dan data resouce semua tersimpan di SSD. Apabila kalian ingin menyimpan data yang lebih besar, bisa disimpan di HDD berkapasitas 1TB.

Berikut ini contoh menggunakan SSD dalam baca dan tulis menggunakan benchmark CrystalDiskMark.

Untuk menunjang kinerjanya yang lebih optimal, laptop ini juga dibekali dengan kartu grafis Nvidia GeForce 940MX dengan video RAM sebesar 2GB GDDR5 64 bit. Dengan menggunakan kartu grafis yang tinggi tentu dalam multi-tasking, rendering maupun gaming terasa lebih lancar.

Bechmark Kartu Grafis Nvidia GeForce 940MX ASUS VivoBook S15 S510

Kartu Grafis NVIDIA Geforce 940MX ini bisa untuk memainkan game-game AAA masa kini dan fps yang didapat kurang lebih antara 50 fps hingga 80fps tergantung settingan yang digunakan low atau medium.

 

Battery Super-fast Charging dan tahan lama

Teknologi ASUS VivoBook S15 ini memang beda dengan laptop lainnya dari segi battery sendiri memiliki dua teknologi yang dapat mencegah hal seperti battery kembung dan battery tidak tahan lama, apakah teknologi tersebut? Oh ya sebelum membahas lebih dalam battery ASUS VivoBook S15 ini mampu bekerja kurang lebih 8 jam.

1. SuperBattery

Teknologi pengawet baterai ini mampu membuat masa pakai baterai 3 kali lipat lebih panjang dibandingkan dengan baterai notebook pada umumnya. Cara SuperBattery melakukannya adalah dengan memonitor secara cerdas serta membatasi pengisian maksimal yang bisa diberikan pada sel baterai.

Dengan SuperBattery, VivoBook S mampu mencapai siklus pengisian ulang hingga 900 kali dibandingkan dengan siklus pengisian ulang notebook pada umumnya yang sekitar 300 kali sebelum daya tahan baterainya menurun.

Selain itu, SuperBattery juga mampu mengisi ulang cepat baterai VivoBook S15 dari kondisi 0% hingga mencapai 60% hanya dalam waktu 49 menit saja.

2. ASUS Battery Health Charging App.

Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk secara manual menentukan tingkat Relative State of Charge (RSOC) baterai notebook pada 60%, 80% atau 100%. Membatasi tingkat pengisian baterai oleh charger dapat membantu memperpanjang masa pakai baterai tersebut.

Touchpad dan Keyboard Nyaman di Pakai

Keyboard pada ASUS VivoBook S15 terasa empuk dan nyaman karena menggunakan desain chiclet. Tombol-tombol ini memiliki kedalaman 1,4 mm, permukaan dan jarak antar tombol pun cukup lega, Ini membuat pengetikan menjadi lebih leluasa dan lebih akurat.

Tidak seperti laptop 15 inci pada umumnya, desain Keyboard ASUS Vivobook S S510 ini tidak dilengkapi dengan tombol numerik/Ten-Key-Less yang biasanya terletak disebelah kanan. Beberapa tombol numerik tersebut diganti seperti tombol home, page up, page down, end dan tombol dibawahnya Fn.

Lanjut, touchpad pada ASUS VivoBook S15 juga sangat smooth saat disentuh. Meski hadir dengan sistem operasi Endless OS, touchpad tersebut juga mendukung input multi-gesture pada Windows 10 hingga mendukung 4 jari.

Dukungan tersebut membuat lebih banyak opsi yang bisa dilakukan dengan jari di touchpad. Ia juga punya kemampuan palm rejection untuk menghindari kesalahan pengetikan saat telapak tangan pengguna secara tidak sengaja menyentuh touchpad. Berikut apa yang bisa dilakukan dengan satu hingga empat jari pada toucpad ASUS VivoBook S15.

Selain mendukung sentuhan hingga 4 jari, touchpad pada notebook ini juga mendukung pengamanan berbasis biometrik dalam bentuk fingerprint scanner. Lokasinya berada di sudut kanan atas touchpad. Pengamanan berbasis fingerprint ini sudah mendukung fitur login aman milik Windows 10 Hello yang memungkinkan penggunanya masuk ke dalam sistem operasi cukup dengan sentuhan jari. Selain saat akan bekerja, fitur ini juga akan sangat bermanfaat untuk memastikan keamanan data milik pengguna jika suatu saat notebook dicuri ataupun tertinggal entah di mana.

Konektivitas Lengkap

Ngomongin beberapa colokan, sepertinya ASUS VivoBook S15 punya kelengkapan yang cukup banyak. Disisi kanan ada port Full-sized HDMI 1.4 yang bisa disambungkan dengan LED atau proyektor. Dilengkapi port USB 3.1 Type-A , USB 3.1 Gen 1 Type-C, 3.5mm combo audio jack, dan terakhir DC Power Input jack.

Untuk port di sisi kiri terdapat 2 USB 2.0 Type A dan SD card reader yang berguna untuk transfer data dari berbagai perangkat.

Audio Cukup Berkesan

Dilengkapi dengan Built-in Stereo 2 W Speakers dan Microphone. Suara yang dihasilkan cukup lumayan walau bass yang dihasilkan kurang mantab.

Selain itu dilengkapi dengan ASUS SonicMaster, dimana teknologi ini kombinasi dari hardware, software dan penyetelan audio yang dirancang khusus dengan tujuan memberikan pengalaman audio terbaik.

5 Aplikasi Pendukung yang Berfaedah

Selain aplikasi diatas ada beberapa aplikasi lainnya seperti:

ASUS Live Update – digunakan untuk melakukan pengecekan, download dan program instalasi prosedur yang lebih otomatis dan cerdas.

ASUS Touchpad Handwriting – untuk membuat metode input tulisan tangan lebih baik digunakan. Tulisan Tangan Touchpad ASUS dirancang untuk memasukkan kata-kata dengan touchpad.

ASUS USB Charger Plus – sebuah aplikasi menyediakan charger cepat untuk perangkat portabel Anda.

Satu lagi nih yang cukup keren, ASUS VivoBook S15 S510UQ ini sudah dilengkapi dengan sistem operasi Endless OS.

Endless OS merupakan sistem operasi yang dikembangkan oleh Endless Mobile yang dapat di-download secara cuma-cuma oleh siapapun. Ia telah dilengkapi dengan berbagai konten hingga 100 aplikasi gratis yang dapat dipakai langsung tanpa penggunanya harus terhubung ke Internet.

Yang mau coba bisa download disini

Dengan hadirnya sistem operasi Endless OS yang sudah dilengkapi berbagai aplikasi yang bisa digunakan untuk mendukung pekerjaan sehari-hari, tentunya VivoBook S ini menjadi semakin sempurna.

Begitu di miliki, nyalakan,  sudah langsung bisa bekerja tanpa perlu melakukan instalasi sistem operasi ataupun berbagai aplikasi yang biasa digunakan sehari-hari, mau mendengarkan musik, menonton video, bahkan menjalankan aplikasi office sudah tersedia didalam Endless OS

Kesimpulan

Jadi gini, kalau mau beli laptop premium ala-ala macbook dengan budget 9 jutaan yang desainnya keren, tipis, ringan, layar lebar 15 inci namun body 14inci, bertenaga dan battery awet, tentu ASUS VivoBook S S510UQ ini cukup rekomended.

sutoro.web.id
Review
5

Komentar...