"Yuk Gan Luwangkan 1 Menit Buat Istigfar bagi yang Muslim"

Asus ROG Zephyrus GX501, Laptop Gaming Dengan Segudang Inovasi

Keraguanku soal laptop gaming tipis yang memiliki performa seperti PC terjawab sudah di acara The Edge of Beyond di Jakarta.

Nuansa cahaya garang menghiasi di setiap sisi ruangan ASUS ROG Zephyrus ini. Para tamu undangan diberikan kesempatan untuk mencoba membuktikan si laptop gaming tipis ini dengan performa yang luar biasa NVIDIA® GeForce® GTX 1080 graphics Max-Q dan prosesor generasi ke-7 Intel® Core™ i7 .

“ASUS ROG Zephyrus GX501 adalah notebook gaming tertipis di belahan bumi manapun saat ini dengan
ketebalan hanya 1,69 cm,” tegas Benjamin Yeh, Regional Director ASUS South East Asia.

Setelah melihat dari berbagai sudut ASUS ROG Zephyrus ini benar-benar tipis dan memiliki desain yang amazing.

Performa mantab, desain keren, sistem pendingin ekslusif, layar 120Hz dengan fitur G-Sync, emm apalagi yaa… sensasi menikmati touchpad di posisi kananpun membuat user experimen berbeda dengan laptop gaming lainnya.

Ciri Khas Yang Tak Tertandingi

Sebuah Logo ROG(Republic of Gamers) yang tertempel di laptop ASUS Zephyrus GX501 ini memang seolah-olah memiliki kesan tersendiri bagi pemiliknya.

Saya pribadi sangat suka dengan ciri khas tersebut, apalagi saat logo tersebut bisa menyala kesan yang dilihat sama orang lain menggambarkan laptop ini sangat keren dan tiada duanya.

Kata teman saya, sebuah logo itu bisa mahal harganya karena ada sesuatu yang bisa di ungkapkan kepada orang lain.

Selalu Berinovasi Tiada Henti

Setelah sukses dengan ASUS ROG GX800 yang memiliki pendingin liquid cooling dan dual kartus grafis berkelas Nvidia GTX 1080, kini giliran ASUS ROG Zephyrus GX501 sebagai laptop tertipis didunia dengan kartu grafis terbaru Nvidia GTX 1080 Max-Q dengan sistem pendingin AAS(Active Aerodynamic System).

Dulu sih cuman bertanya-tanya kira-kira ada nggak ya laptop gaming yang tipis dan ringan. Ternyata di tahun 2017 ini ASUS membuat sebuah laptop gaming yang tipis dan ringan serta performa yang nggak kalah dengan PC gamer.

Beberapa fitur dan inovasi yang terdapat di ASUS ROG Zephyrus GX501 diantaranya adalah

  1. VR Ready (Fitur yang dapat digunakan untuk bermain game secara virtual reality)
  2. XBOX Dongle (Fitur yang digunakan untuk bermain game dengan console )
  3. Layar IPS panel, anti glare, 120Hz + Gsync (Fitur yang dapat memberikan kenyamanan dalam bermain game)
  4. Teknologi ASS (Active Aerodynamic System) ( Fitur ini bertugas meredam panas dengan cepat saat sistem sedang full load. Selain itu ada 71 baling-baling kipas pada tiap fan-nya yang terbuat menggunakan bahan polikarbonat yang dikristalisasi. Teknologi terbaru AAS ini mampu meredam panas hingga 20% lebih baik ketimbang pendingin konvensional biasa.
  5. RGB Keyboard (Fitur yang dapat membuat keyboard menyala dengan berbagai warna)
  6. Anti Ghosing Keyboard (Fitur ini berfungsi untuk memaksimalkan berapa tombol keyboard yang dapat ditekan secara bersamaan dan tetap memberikan input pada komputer.
  7. Overclocking (Fitur ini berfungsi untuk meningkatkan performa yang lebih maksimal)
  8. Desain tipis dan ringan (Memiliki ukuran yang hanya 16.9-17.9mm dan berat hanya 2.2 kg)
  9. Alumunium alloy body (Material yang kuat dan kokoh sekaligus elegan untuk digunakan sebagai
    pelapis notebook premium dan dapat menjaganya dari benturan ketika sedang digunakan.)
  10. Software Pendukung Super Lengkap ( Asus Gaming Center, ASUS Sonic Studio, Asus ROG Game Visual, Asus Eco Mode, Asus ROG Aura, Asus Game First IV dan lain-lain )

Performa Gaming Luar Biasa (Intel i7-7700HQ, Nvidia GTX 1080, RAM 24GB DDR4, SSD NVme 512GB)

Saya sempat membandingkan laptop ASUS ROG Gl553vd vs ASUS ROG GX501 ternyata banyak sekali perbedaannya, baik dari segi desain, kenyamanan, dan lainnya. ASUS ROG Zephyrus GX501 ini benar-benar laptop gaming yang sangat perfect bin sempurna.

Racikan dari Prosesor Core i7-7700HQ (6M Cache, up to 3.80 GHz), kartu grafis NVidia GeForce GTX1080 Max-Q Design 8GB DDR5 (G-Sync), RAM DDR4 2133 MHz 24GB, SSD 1TB PCIEx4 SSD NVMe PCIe SSD sudah dipastikan bisa untuk komputasi yang berat dan bermain game terbaru saat ini apalagi ada fitur overclocking yang dapat digunakan untuk meningkatkan performa secara maksimal.

Konektifitas juga cukup lengkap terdapat 1 x Microphone-in/Headphone-out jack, 1 x Type C USB3.1 (GEN2) Thunderbolt, 4 x USB 3.0 port(s) Type A, 1 x HDMI, dan sudah Support HDMI 2.0.

Berbicara mengenai overclocking, ASUS ROG Zephyrus GX501 menggunakan sistem pendingin ekslusif yaitu AAS (Active Aerodynamic System).

Sistem pendingin ini  mengkombinasikan desain pintar dengan inovasi teknologi untuk memberikan gamers apa yang mereka mau, laptop dengan ukuran yang sangat tipis, dingin, dan sunyi tanpa mengurangi performa.

Ketika laptop tersebut dibuka, bagian bawah akan sedikit terangkat dan memberikan ekstra 20% sirkulasi udara. Hasilnya, mampu mengurangi 20% suhu dibandingkan dengan teknologi pendingin biasa.

Keyboard Yang Unik Dengan Numpad dan Touchpad Jadi Satu

Salah satu aspek penting yang dibutuhkan seorang gamers adalah keyboard yang nyaman. Kenyamanan yang terdapat di ASUS Zephyrus GX501 ini diantarnya adalah

  1. Travel distance keyboard 1,4mm
  2. RGB lighting
  3. Anti Ghosing Keyboard
  4. Illuminated Chiclet Keyboard

Selain itu touchpad yang tadinya ditengah kini posisinya di sebelah kanan yang bergabung dengan numpad. Apabila ingin menggunakan numpad, tinggal menekan tombol toucpad/numpad yang terletak diatasnya.

Menurut saya peletakan touchpad disebelah kanan terasa lebih nyaman dan tidak menganggu kursor bergerak kesana kemari saat tersenggol tidak sengaja.

Gaming Terasa Lebih Smoot dengan G-Sync

Teknologi NVIDIA G-SYNC™ mampu melakukan sinkronisasi display refresh rate dengan GPU frame rate untuk menghasilkan gameplay yang mulus.

G-Sync meminimalisir stuttering dan input lag serta menghilangkan efek tearing tanpa mempengaruhi performa sistem.

Multi Display dengan DisplayPort Yang Lebih Cepat

Jika dirasa kurang memanjakan dalam bermain game, kamu masih bisa memasangkan display monitor lainnya via display port ataupun HDMI.

Dengan multi display sensasi bermain game ataupun editing jadi lebih nyaman seolah-olah bisa merasakan sebuah PC Gamer beneran padahal kita hanya menggunakan laptop gaming tipis.

Benchmark ASUS ROG Zephyrus GX 501

Dengan settingan ultra bahkan dengan resolusi 4K game-game terbaru dan terberat saat ini masih bisa dijalankan dengan lancar.

Jika dilihat dari daftar game berikut ini rata-rata game berjalan di antara 40fps hingga – 140 fps dengan settingan yang berbeda-beda.

Unigine Heaven

Spesifikasi ASUS ROG Zephyrus GX501

Main Spec. ASUS ROG Zephyrus GX501
CPU Intel® Core™ i7-7700HQ Processor (6M Cache, up to 3.80 GHz)
OS Microsoft Windows 10 Home
Memory DDR4 2133 MHz 24GB
Storage 1TB PCIEx4 SSD NVMe PCIe SSD
Display 15,6”  Non-glare IPS Full HD (1920 x 1080) 120Hz
Graphics NVidia GeForce GTX1080 Max-Q Design  8GB DDR5 (G-Sync), VR Ready
Input/Output 1 x Microphone-in/Headphone-out jack, 1 x Type C USB3.1 (GEN2) Thunderbolt, 4 x USB 3.0 port(s) Type A, 1 x HDMI, Support HDMI 2.0
Camera Built-in HD Camera and array mic
Connectivity 802.11AC+BT
Audio Built-in Stereo 2 W Speakers And Array Microphone, Support Windows 10 Cortana with Voice, ASUS Sonic Studio
Weight 2.2Kg
Dimension 14.9 x 10.3 x 0.67 ~0.7 inch (WxDxH)
accessories Gaming Mouse, USB3.0 to RJ45 cable, Palmrest , Screw Driver
Keyboard Illuminated Chiclet Keyboard
Special Design Alumunium alloy body, Elegant and modern lines
Battery 4 Cells 50 Whrs Polymer Battery
Warranty 2 years full global warranty

Kesimpulan : Ini Laptop Game Tipis, Tangguh dan Portabel

Laptop gaming tipis dan ringan? bagaimanapun saat ini lebih sulit ditemukan dan ASUS ROG Zephyrus GX501 adalah salah satu laptop gaming tertipis yang memiliki kartu grafis GTX 1080 Max Q. Walaupun laptop ini memiliki ketebalan 1,69 cm dan berat 2.2kg sistem pendingin yang digunakan sangat eksklusif yaitu ASS (Active Aerodynamic System) dimana bertugas meredam panas dengan cepat saat sistem sedang full load. Teknologi terbaru AAS ini mampu meredam panas hingga 20% lebih baik ketimbang pendingin konvensional biasa.

Teknologi Max-Q memastikan bahwa kartu grafis GTX 1080 yang memberi kekuatan pada Zephyrus yang lebih hemat daya dari pada versi desktop dan konsumsi daya lebih sedikit berkisar 90 hingga 110 watt, sedangkan untuk dekstop berkisar 150 watt.

Dengan inovasi yang dimilikinya, laptop ASUS ROG GX501 ini sangat perfect.

sutoro.web.id
Review
5

Komentar...