"Yuk Gan Luwangkan 1 Menit Buat Istigfar bagi yang Muslim"

6 Cara Cepat Memulai Belajar Pemrograman

Setiap Programmer memiliki style / gaya masing-masing untuk mengimplementasikan algoritma yang dihadapinya. karena ini dipengaruhi oleh banyak faktor, seperti latar belakang, kecepatan belajar, keadaan ekonomi dan juga mungkin lingkungan. Pada saat yang sama, Kita tidak harus berhenti berkreasi. Jangan melewatkan topik setelah Anda menguasai segala sesuatu yang mengarah ke pemrogramman. Dengan menghadapi ide-ide yang lebih menantang akan membantu Anda dalam memahami dasar-dasar pemrogramman.

1. Melihat Contoh Source Code

Ketika Anda pertama kali belajar bahasa pemrogramman, Anda harus memastikan untuk melihat, dan mencoba untuk memahami, setiap contoh source code. Ketika saya pertama kali belajar pemrogramman, saya membiasakan diri melihat source code orang terlebih dahulu sebelum mencoba, dan setelah itu mencoba mencari tahu apa yang mereka lakukan. Tidak selalu berhasil sih, tetapi hal itu akan membuat anda belajar mengasah algoritma, dan sering membantu membuat writeups yang lebih jelas.

Jika Anda ingin melihat seperti apa sih source code tersebut, Anda dapat membaca tutorial pemrograman di berbagai situs yang membahas tentang programming atau bisa juga dengan membaca sebuah buku. biasanya sudah ter-include CD yang isinya Source Code dari Buku tersebut. pengalaman saya dulu ketika dikasih tugas pemrograman web oleh dosen saya, dan mereka teman2 saya cuma penumpang gelap dan gak ada yang mau ngerjain akhirnya saya pun mulai belajar bagaimana membuat website dinamis dengan cara melihat source code dari dosen saya.

2. Jangan hanya membaca Source code namun Jalankanlah.

Anda harus mencoba untuk menjalankan program tersebut sesegera mungkin, walaupun hanya sebatas Menampilkan “Hello world!”. dan Selamat anda seorang programmer sekarang!. dengan menjalankan program pertama anda akan didorong dengan perasaan puas dan Anda akan merasa bahwa Anda bisa. kalau orang lain bisa kenapa Kita tidak??. jangan pernah menyerah untuk mencoba hal baru. bahasa inggris digunakan untuk berbicara kepada orang di seluruh dunia, bahasa jepang digunakan untuk berkomunikasi dengan orang-orang jepang, begitu juga dengan bahasa pemrograman, bahasa pemrograman digunakan untuk berkomunikasi dengan mesin. jika anda ingin bersahabat dengan mesin, belajarlah bahasa pemrograman.

3. Cobalah masuk sebuah komunitas online yang membahas tentang pemrograman

Ini adalah poin yang termasuk paling penting dan berpengaruh pada kecepatan anda dalam menguasai bahasa pemrograman. masuklah ke sebuah komunitas pemrograman, seperti stackoverflow.com, stackexchange.com, atau anda bisa masuk pada komunitas Facebook atau Google+ yang membahas tentang programming. tidak hanya komunitas, situs pembelajaran online pun banyak sekali. contohnya seperti www.w3schools.com, teamtreehouse.com dan lain-lain. untuk situs private online saya merekomendasikan www.lynda.com atau Anda bisa cari yang lainnya.

4. Mencoba mengerjakan sebuah project

Setelah ketiga langkah diatas anda kuasai anda harus mencoba mengerjakan sebuah project. dimulai dari project yang sederhana sampai project yang kompleks. anda akan banyak sekali menemui kasus-kasus yang harus dialami oleh seorang programmer. bagaimana cara menemukan project-project tersebut?, anda bisa mendaftarkan diri anda ke situs freelance, seperti freelancer.co.id, www.upwork.com, 99designs.com dan masih banyak lainnya. disanalah anda memahami yang namanya Deadline ataupun manajemen waktu. anda harus bekerja tepat waktu tetapi program berjalan dengan baik dan benar.

5. Biasakan untuk mencatat

Biasakan untuk mencatat di notepad ataupun note2 lain pada komputer anda. catatlah hal-hal yang sekiranya penting dalam membuat sebuah program, buatlah sebuah folder dan kumpulkanlah semua catatan itu pada folder tersebut. jika anda memerlukannya kembali anda hanya tinggal membukanya kembali. belajarlah menjadi programmer yang professional dengan mendaftarkan ke situs trello.com. Trello merupakan salah satu aplikasi gratis yang berbasis web untuk menunjang kinerja kerja anda. Trello seperti layaknya to do list tetapi dengan fitur-fitur yang lebih lengkap dan sangat nyaman digunakan untuk bekerja secara kolaborasi atau untuk sebuah tim yang tidak harus saling bertemu dalam satu tempat atau ruangan. Trello dibuat oleh Fog Creek Software Company yang berasal dari New York dan dirilis sekitar tahun 2010.

6. Pelajarilah GIT.

Git adalah tools yang berfungsi sebagai Version Control System (VCS) dan kalau diartikan ke bahasa kita artinya sebuah sistem pelacak perubahan pada file. Git sendiri dibuat oleh orang yang menciptakan Kernel Linux yaitu Linus Torvalds. jadi intinya adalah perubahan file yang kita edit akan terdeteksi. contoh server yang paling terkenal adalah github.com, gitlab.com saya merekomendasikan untuk menggunakan GitLab karena gratis hehe.

Tulisan dari Indocreator

sutoro.web.id
Review
5

Di tunggu ZIPnya gan... :v